Manfaat bersekolah dan seperti apa seharusnya sekolah

www.sudarmawan.net


Manfaat Bersekolah Dan Seperti Apa Seharusnya Sekolah
Sekolah itu sebenarnya sangat-sangat bermanfaat, sekolah mendidik manusia agar memahami berbagai ilmu, ilmu sosial, ekonomi, fisika, kimia dan banyak lagi, dengan bersekolah pola berfikir seseorang bisa tambah maju, wawasanya tambah luas.

Tujuan pemerintah menyediakan pendidikan dengan segala sistem dan peraturan di dalamnya sebenarnya sangat bagus, supaya para generasi penerus bangsa ini punya wawasan tinggi, dan di harapkan bisa punya kehidupan lebih maju, tapi kadang yang bersekolah malah ndak dong tujuanya apa..!!

Apa Manfaat Bersekolah

Ilmu, tujuan seseorang bersekolah yang pertama pasti ilmu, dengan bersekolah kita jadi bisa baca, "ini buat yang dasar", yang lebih tinggi setara SMA atau strata satu, ilmunya sudah sakti, yang jelas kalian bakal dapat ilmu yang ndak bakal kamu dapat kalau kamu ndak sekolah.

Kehormatan,, sebenarnya saya kurang setuju dengan yang nomor dua ini, tapi apa boleh buat, bakal tetap tak tulis, karena memang ini yang terjadi di indonesia. Orang-orang yang berpendidikan tinggi, biasanya punya nilai lebih di mata masyarakat, dia lebih di segani, lebih di hormati, karena di anggap pintar, padahal ya ndak mesti, tergantung sekolahnya beneran atau ndak.

Jadi disiplin,setiap sekolah punya aturan, dengan kebiasaan menaati aturan dan menyelesaikan segala tugas-tugas yang di berikan, secara ndak langsung akan merubah kebiasaan kita menjadi orang yang disiplin.

Tiga poin diatas merupakan manfaat yang akan di dapat jika sampean bersekolah, tapi ada beberapa hal yang saya ndak suka dari sekolah-sekolah di indonesia, menurut saya sekolah di indonesia gagal membentuk siswanya menjadi manusia yang berkualitas, hal ini saya rasakan sendiri, setelah saya lulus sekolah, saya bingung mau ngapain, paling pol cuma ikut arus, ngandelin ijaza buat ngelamar kerja.

Semua ilmu pengetahuan yang di ajarkan di sekolah itu ndak salah, semuanya bermanfaat, cuma ada yang kurang..!, sekolah-sekolah di indonesia ndak ngajarin siswanya bagaimana cara menghadapi hidup. Maksutnya gini, seharusnya di sekolah kita juga di ajarkan, dan harus di praktekkan, bagaimana cara mengaplikasikan ilmu yang telah di pelajari untuk kemujuan hidup setiap siswanya, misalnya, diajarkan bagaimana menciptakan pekerjaan dari ilmu-ilmu tersebut, " pekerjaan yang menghasilkan tentunya", jadi ndak belajar-belajar tok, ngerti tok, tapi kalau di suruh guna'in ya tetap ndak bisa.

Yang kedua, guru-guru seharusnya ndak sebatas ngajar tok, harus di inget, guru itu wali siswa saat di sekolah, seharusnya dia menjadi pendamping penuh atas siswanya di sekolah, memahami karakter serta problem dari setiap muridnya, kanapa yang ini bodoh, kenapa yang itu nakal, kenapa ada yang males belajar, semuanya harus di fahami, dan tugas guru juga untuk memotivasi muridnya supaya tetap semangat belajar.

Setiap murid punya keluarga yang berbeda, ada murid yang telah di beri pencerahan oleh orang tuanya di rumah tentang gunanya sekolah sehingga dia semangat belajar, ada juga orang tua yang jor klowor, yang penting anaknya sekolah.
Guru ndak mahami ini, ada murid yang sudah punya tujuan, "mau jadi apa nanti setelah lulus" dari tujuan tersebut anak bisa semangat belajar bahkan tanpa di suruh, ada juga yang sekolah asal sekolah alias ndak punya tujuan, akibatnya proses belajar jadi sesuatu yang membebankan.

Proses belajar seharusnya ndak monoton, belajar seharusnya di barengi dengan bumbu imajinasi, biarkan murit bermimpi setinggi tingganya, guru hanya perlu mendampingi dan memberi inspirasi, dengan demikian proses belajar akan lebih menyenangkan, dan setiap murit tau mana ilmu yang seharusnya dia pelajari sungguh-sungguh, dengan sistem seperti ini bukan ndak mungkin, 10 tahun kedepan akan banyak lahir generasi-generasi pengubah, ndak hanya jadi generasi penerus, generasi yang bermental pengusaha, bukan cuma pekerja.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts