Inilah Pasrah Yang Akan Mendatangkan Keajaiban

Inilah Pasrah Yang Akan Mendatangkan Keajaiban 
Seseorang akan di benarkan memasrahkan total, hidupnya, urusanya, impianya kepada Allah, jika sudah benar-benar tidak mampu lagi berbuat apa apa.
Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang ilmu pasrah, terlebih dahulu saya akan memberikan kalimat kalimat pembelajaran hidup untuk kita semua.


Jika semua yang kita impikan segera terwujud.. Lalu kapan kita belajar kesabaran..
Jika semua yang kita inginkan selalu di kabulkan..
Lalu kapan kita belajar keikhlasan..
Jika semua do'a segera di kabulkan..
Lalu kapan kita belajar ikhtiarr..

Tuhan yang maha mengetahui segala hal, tuhan yang telah menulis skenario tiap-tiap perjalanan hidup makhluknya, semua ujian yang kita dapat, semata-mata hanya peristiwa agar kita belajar..  Mungkin saat itu kita tidak mngerti.. Dan saat ujian itu di timpahhkan kepada kita..   ada sesuatu yang ingin tuhan beri tahu kepada kita agar kita mengerti..

Ada banyak hal yang tejadi dalam hidup kita, namun kita tidak memahami apa maksut dari kejadian tersebut, hal itu terkadang yang membuat kita bertanya kepada diri kita sendiri, Kenapa Orang Baik Sering Di Kecewakan

Ketika kerjamu tidak di hargai..
Itulah saatnya kamu belajar apa itu ketulusan..
Ketika kamu di kecewakan setelah berlelah lelah..
Itulah saatnya kamu belajar tentang kesungguhan hati..
Ketika kamu merasa di lukui..
Itulah saat untuk belajar memaafkan..
Ketika kamu merasa kesepiann.. Di kucilkan.. Dan sendirian..
Itulah waktu, untuk kamu belajar apa itu ketangguhan..
Ketika kamu harus membayar meski tidak berhutang..
Itulah saatnya kamu belajar tentang kemurahan hati..
Apapun yang terjadi dalam hidup kamu.. Itulah sejatinya pelajaran hidup, peristiwa peristiwa yang akan mebentukmu menjadi pribadi luar biasa..

Orang orang sukses di luar sana, tidak terbentuk dari kemudahan dan kenyamanan, pencapaian yang mereka dapat melalui proses jatuh bangun.. Kesulitan demi kesulitan..  Dan pengorbanan..

Kerja keras itu pasti dan harus di lakukan sebagai bentuk ikhtiar kita untuk mencapai satu keinginan, dan semua pelajaran diatas adalah hal hal yang akan membuat diri kita pantas di beri oleh tuhan dari apa yang kita inginkan,,
Tapi poin terpenting yang akan saya bahas di sini bukan tentang kerja keras, melainkan tentang pasrah.

Pasrah yang saya maksut bukan berarti tidak melakukan apa-apa, itu jelas salah, karena di dalam al-qur'an jelas jelas Allah berkata, bahwa allah tidak akan merubah nasib suatu kaum, kecuali ia sendiri yang merubahnya..
Bingung ya..  Pasrah..  Tapi di suruh ngerubah nasibnya sendiri..!!
Jadi begini maksut dari firman Allah tersebut, hidup kamu tidak akan berubah, masalah kamu tidak akan kelar, impian kamu tidak akan tercapai, kecuali diri kamu sendiri yang berusaha merubah, dan allah menurunkan kehendaknya menjadikan apa yang kamu usahakan jadi sebuah kenyataan..

Terus apa maksut dari pasrah yang saya bahas tadi..!!
Maksut dari kata pasrah yang sebenarnya adalah, kamu harus tetap usaha semampu kamu, kerja keras, belajar dari tiap ujian, hingga kamu pantas, tetapi jangan pernah menentukan hasil, karena yang pantas memberi hasil, hanyalah tuhan, sedangkan kamu, kita manusia, hanya perlu ikhtiar, pasrahkan hasilnya kepada Allah SWT.

Itulah kajian tauhid, disitu kamu akan belajar tentang keikhlasan, kamu tidak akan menggerutu, menanti hasil, menunggu keinginan kamu tercapai, kamu akan dengan lapang dada menjalani proses, sedangkan hasil kamu pasrahkan seutuhnya kepada sang maha pemberi segalanya.
Bahkan di satu titik, saat seseorang udah mentok, gak bisa ngapa-ngapain lagi, tapi dia pasrahin semuanya kepada tuhan, keajaiban kemudian datang.

Banyak orang yang berfikir seolah olah dia mampu sendiri..  Usahanyalah satu satunya sebab yang akan membuat tujuanya tercapai..
Pernah gak kamu punya fikiran seperti ini..
Coba kamu inget inget, pernah gak mengalami hal seperti ini, sibuk mencari cara, sibuk mencari solusi, tanya sana sini, ngelamar kerja sana sini, atau cari utangan sana sini,, tapi melupakan yang memberi rizki, melupakan yang memberi solusi, melupakan sholat,, dan apa yang kamu dapat, kamu lelah, mentok, ngerasa gak bisa berbuat apa-apa, baru inget sama Allah.

Coba sedikit renungkan kata kata yang saya tulis di bawah ini, lihat alam semesta, matahari tiap pagi muncul dari timur, dan tenggelam di sebelah barat, dengan rentan waktu yang sama, setiap hari..
Hari berubah dari malam menjadi siang..
Lihat itu, betapa agungnya tuhan kita, jangankan untuk menyelesaikan urusanmu yang sepele itu, merubah siang jadi malam, malam jadi siang aja Allah bisa.

Apa kamu pernah dengar, orang di terima kerja, udah di suruh masuk kerja di hari yang sudah di tentukan, saat dia mau mulai kerja, malemnya di telfon di batalin karena suatu hal.. karena direksinya nitipin sodara buat gantiin posisi dari pencari kerja tersebut,  atau tau tau perusahaanya bangkrut, itu sering terjadi.
Apa kamu pernah lihat, orang sudah di fonis oleh dokter, hidupnya gak lama lagi karena suatu penyakit yang parah, tapi ternyata dia bisa sembuh dan menjalani hidup seperti biasa.

Bukankah semua itu terlihat sudah pasti, seperti seakan akan pasti terjadi, tapi apa..! Ternyata tidak terjadi, itulah keajaiban, itulah kuasa Allah.

Jadi mulai sekarang, buang jauh jauh fikiran bahwa usaha kamulah yang menentukan segalanya, ingat kamu ini ada yang menciptakan, (baca juga  Apa Tujuan Hidup Manusia Yang Sebenarnya)
Rubah tradisi lama kalian, yang tadinya usaha dulu baru do'a, sekarang rubah jadi minta dulu, do'a dulu baru usaha, jadi rumus yang benar untuk masalah kamu, cita cita kamu, impian kamu, adalah do'a baru ikhtiar, do'a lagi, ikhtiar lagi.

Ingat dua kalimat ajaib ini, Manjadda Wa Jadda dan Kunfayakun, siapa yang bersungguh sungguh pasti akan tercapai impianya, jika allah berkehendak  maka itu yang akan terjadi, jadi usaha aja tidak cukup, ikhtiar aja tidak cukup, kalau usaha kamu tidak di ridhai allah, ya gak akan pernah tercapai keinginan kamu, sekali lagi, kewajiban kita hanya berusaha, sedang hasil hanya Allah yang bisa tentukan, dan do'a adalah cara agar usaha kita di beri hasil seperti apa yang kita inginkan.

Apa yang saya tulis bukan bermaksut menggurui, tapi hanya untuk sekedar berbagi, apa yang saya tau..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts