5 Langkah Menulis Novel Yang Benar Untuk Pemula

5 Langka Menulis Novel Yang Benar Untuk Pemula,
Buat kamu yang hobi banget baca novel, suka hanyut sama ceritanya, terheran-heran sampai terfikir, " kok bisa ya nulis cerita sebagus itu", terus terinspirasi pengen nulis novel sendiri. Kalau itu keinginan kamu, kamu dateng ke tempat yang tepat, saya akan bagikan 5 langkah mudah menulis novel yang baik, menarik, dan pastinya untuk pemula. Intinya untuk menciptakan sebuah karya berupa novel yang bagus, kamu harus rajin belajar nulis.

http://www.sudarmawan.net/2017/05/5-langkah-menulis-novel-yang-baik-untuk.html

Apasih 5 langkah tersebut ?, penasaran ya, oke saya jelaskan, sebelumnya siapkan pena sama kertas dulu, biar nanti poin-poin pentingnya bisa langsung kamu catat, kalau gak mau nyatat, ya simpen aja alamat blog saya ini, biar nanti kalau mau berkunjung lagi gak bingung.

Sebelum kamu mulai menulis novel, hal pertama yang harus kamu pahami adalah CERITA, apa itu cerita ?,
nah cerita bisa di devinisikan sebagai sebuah kisah yang di dalamnya terdapat karakter utama yang memiliki tujuan beresiko, dalam proses pencapaian tujuanya tersebut ia mendapatkan banyak rintangan di sepanjang perjalanan, dan kemudian memperoleh resolusi di akhir cerita. Jelas ya, masih belum jelas!!, oke saya jelaskan lebih detail, kali ini harus faham.
Kamu pasti pernah nonton film yang ceritanya diangkat dari sebuah novel kan!!, di dalam film tersebut pasti ada karakter utama, si karakter utama tersebut pasti punya tujuan, nah, untuk mencapai tujuanya tersebut, dia harus berusaha keras, sampai di suatu titik dia menemukan jalan untuk meraihnya, oke sekarang pasti faham kan, itulah kerangka dasar sebuah cerita, maau novel, film, dan cerpen, hal-hal tersebut pasti ada di dalamnya.

Untuk membuat novel yang bagus, menarik, dan memikat hati pembaca, ada 5 elemen penting yang harus kamu fahami, kamu pelajari, dan kamu terapkan ke dalam novel yang akan kamu buat nanti, apa sih 5 hal penting itu ?, :

  • Karakter utama
  • Tujuan
  • Resiko
  • Rintangan
  • Resolusi
Saya akan jelaskan satu persatu, yang jelas sebelum kamu mulai menulis novel, hal pertama yang harus kamu persiapkan adalah 5 poin tersebut, poin-poin itulah yang akan membentuk cerita dalam novel kamu nanti.

1.Karakter Utama

Tentukan pemeran utama yang akan kamu masukkan dalam cerita, pemeran utama adalah elemen yang menggerakkan cerita dalam novel kamu nanti, dari awal menuju akhir, nah untuk membuat cerita kamu menarik, kamu harus membuat karakter utama dalam cerita itu memiliki motivasi yang kuat untuk meraih tujuanya, kalau motivasinya lemah, konflik di dalamnya juga akan lemah, kalau konfliknya lemah, cerita yang kamu buat juga jadi lemah dan gak berbobot. Novel yang baik harus bisa mebawa suasana hati si pembaca ke dalam cerita yang kamu buat, kalau si pembaca bisa membayangkan kejadian yang ada di dalam cerita tersebut saat membaca, berati kamu sukses sebagai novelis.


2.Tujuan

Didalam sebuah cerita, karakter utama harus memiliki sebuah tujuan utama yang jelas, dan spesifik, nah bagai mana menentukan tujuan utamanya?, saya beri contoh, misalnya membangun sarana pendidikan untuk anak jalanan, kuliah di luar negri, atau memperjuangkan cinta yang tidak di restui orang tua, dll. Kebayangkan sekarang skenarionya !!.
Apapun tujuan karakter utama yang bakal kamu buat nanti, pastikan dia berusaha mati-matian untuk meraihnya.

3.Resiko

Apa jadinya tujuan tanpa resiko, apa yang bisa di petik dari cerita yang kamu buat, tujuan tanpa resiko sama halnya dengan cerita tanpa pesan, tidak ada manfaatnya. Jadi yang harus kamu lakukan adalah, buatlah resiko yang besar untuk pemeran utama kamu, jadikan resiko tersebut sebagai hidup dan matinya,

4.Rintangan

Jangan biarkan karakter untama dalam cerita yang akan kamu buat nanti meraih tujuanya dengan mudah, tujuan utama karakter utama adalah meraih tujuanya, sedangkan kamu sebagai penulis, harus bisa menghalangi karakter utama meraih tujuanya, semakin besar rintangan yang kamu buat, maka akan semakin besar juga konflik yang terjadi di dalam cerita tersebut, kalau konfliknya besar, akan semakin hebat cerita yang kamu buat.

5.Resolusi

Resolusi adalah bagian ahir dalam sebuah cerita, resolusi cuma ada dua, yang pertama pemeran utama meraih tujuanya, dan yang kedua pemeran utama gagal meraih tujuanya, itulah yang dinamakan dengan happy ending dan sad ending, nah bagaimana membuat resolusi yang hebat, kamu harus bisa menggabungkan kedua resolusi tersebut menjadi satu, resolusi jenis ini di sebut bittersweet ending.

Untuk contoh penerapan 5 langkah menulis novel ini sengaja tidak saya sertakan, takutnya terlalu panjang artikelnya, mungkin di postingan selanjutnya akan saya terapkan ke dalam sebuah cerpen, jadi sobat bisa belajar lebih memahami.




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts