Kisah Inspiratif Lulusan SMK Juara Desain Komponen Pesawat Jet

Kisah sukses inspiratif lulusan SMK juara desain komponen pesawat jet. Sebelum saya bercerita tentang kisah sukses campur membanggakan pemuda asal desa sala tiga yang dengan karyanya berhasil menyingkirkan karya-karya para insinyur dunia ini, terlebih dahulu saya akan membahas sedikit tentang dunia desain yang berbaur dengan teknologi.

Fuadi dan Arie kurniawan

Seni desain grafis di era modern sekarang ini tidak lagi melulu menggunakan kanfas, pena, pencil, atau alat gambar lainya. Teknologi juga berperan aktif menanggapi kemajuan kreatifitas seni dari tiap-tiap individu.
Seni digital atau seni yang di kombinasikan dengan teknologi, mampu menghasilkan karya-karya yang luar biasa, karya yang mampu membuat kita pecinta seni berdecak kagum. Katakanlah sebuah animasi game, film animasi, desain arsitektur, desain interior, desain pesawat, senjata dan banyak lagi, semuanya menggunakan teknologi dalam pengerjaanya. Melalui ide-ide kreatif yang kemudian di tuangkan ke dalam sebuah media menggunakan teknologi, terciptalah karakter-karakter dalam sebuah film maupun game.
Bagi pecinta film animasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter naruto, avatar, dan lain sebagainya..

Berikut adalah beberapa kisah para pelaku seni teknologi dengan karya-karyanya yang luar bisa.


Animator
Rini Triyani sugiantono.
Cewek kelahiran lampung 1980 ini merupakan seorang animator sukses asal indonesia yang bekerja di weta digital, sebuah perusahaan digital visual effects yang berbasis di selandia baru. Tidak tanggung-tanggung, rini di tunjuk sebagai animator utama di perusahaan tersebut. Beberapa karya yang luar biasa yang melibatkan rini dalam penggarapanya adalah film avatar, kingkong, lord of yhe ring, dan yang terbaru adalah the advanture of tintin.

Arsitektur
Arsitektur juga merupakan seni membentuk sebuah bangunan, yang di sisipi aspek psikolog di dalamnya, seni dalam merancang bangunan mempertimbangkan aspek psikolog karena menyelaraskan bnagunan dengan tempat dan penempatnya, ini adalah seni dengan banyak ilmu yang bercampur dalam proses perancanganya.
Ada nama bapak ridwal kamil, walikota bandung yang juga merupakan seorang arsitek, ridwal kamil membuktikan desain rancangan seni yang berbaur dengan teknologi akan menghasilkan karya-karya yang luar biasa indahnya.
contoh beberapa karya desain arsitektur yang berhasil ia ciptakan adalah, Masjid cibubur bogor, kampus UMN serpong,springhill royal risidences jakarta dan banyak lagi.

Masjid cibubur, bogor ( karya Ridwan kamil )
Dua tokoh di atas adalah orang-orang dengan segudang kreatifitas seninya yang berhasil sukses. Namun mereka merupakan tokoh dengan latar belakang pendidikan yang unggul pula. Bagi kalian yang tidak punya riwayat pendidikan sebagus mereka, jangan patah semangat,jangan berhenti berusaha dan mencoba, allah SWT telah memberikan kita sesuatu yang sangat amat luar biasa, seperti kalimat yang saya kutip nari novel 5cm, kekuatan yang tidak bisa di hitung dengan nominal angka berapapun adalah keyakinan, dan itu hanya ada pada diri manusia, kalau kita sudah yakin, seberat apapun jalanya, sesulit apapun prosesnya, tidak akan menjadi hambatan bagi manusia itu untuk meraih tujuanya.

Untuk menambah motifasi kalian, saya akan bagikan  kisah seorang pemuda desa yang saya jadikan judul artikel ini.

Inilah topik utama kali ini, kisah inspiratif pemuda desa lulusan smk asal sala tiga.


Fuadi dan arie kurniawan, namanya pernah masuk dalam daftar calon peraih penghargaan liputan6 aword di sctv. Kakak beradik tersebut berasal dari sebuah desa bernama salatiga jawa tengah, mereka bukanlah sarjana dari luarnegri, bukan juga sarjana desain asal universitas di indonesia, mereka hanya seorang lulusan SMK di daerah jawa tengah, kedua pemuda yang dulunya hanya berprofesi sebagai tukang tambal ban dan penjual susu itu, baerhasil menjuarai lomba desain 3D Printing Callenge yang di selenggarakan perusahaan teknologi raksasa asal marika serikat ( General electric ), kedua pemuda tersebut berhasil menyingkirkan karya-karya para insinyur dari beberapa universitas ternama di negara maju, tak kurang dari 50 peserta dengan pendidikan diatasnya, hebat bukan putra bangsa indonesia ini.

Karya mereka berupa jet engine bracket salah satu komponen yang berfungsi mengangkat sebuah pesawat terbang, desain yang ia buat tergolong paling ringan dengan bobot hanya 327 gram, 84 persen lebih ringan dari desain alat serupa yang pernah di buat di dunia.
Berkat hobi desain dan usaha yang kuat kedua pemuda tersebut mampu berdiri di depan, menggilas mereka yang bergelar.

Tidak ada yang tidak mungkin, yang ada hanya tidak mudah namun bukan berarti tidak mungkin, setiap kemauan membuka jalan, sertip pemikiran memecahkan satu persoalan. Pendidikan bukanlah faktor utama, hanya salah satu faktor saja, selebihnya, tergantung diri kita
Semoga apa yang saya bagikan dapat menginspirasi sobat.

Jangan lupa shere ya..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts