Cara menulis cerpen dan artikel di bayar rupiah

Cara menulis artikel di bayar rupiah, bagi kalian yang hobi menulis, entah itu artikel berupa opini, atau bisa juuga cerpen, ada sedikit info buat para kalian pecinta dunia tulis. Sekarang  teknologi sudah semakin canggih, bukan para penulis ternama saja yang bisa menghasilkan, kamupun bisa, gimana caranya??, temukan jawabanya di artikel ini.

Di luar dari konten yang berkualitas, para penulis ternama bisa terkenal karena ada penerbit yang mau menerbitkan buku hasil karyanya, dengan portofolio si penulis yang bagus, dan latar belakangnya yang sudah memiliki nama besar, bukan hal sulit buat mereka meyakinkan si penerbit untuk menerbitkan tulisanya, lantas bagaiman dengan kita yang baru belajar menulis, apakah penerbit mau menerima tulisan kita, kalau tulisan kamu berbobot bisa saja, kalau tidak ya jangan harap.

Sebelum kita balik ke pokok pembahasan kita yaitu cara menulis cerpen dan artikel di bayar rupih, saya mau kasih tau dulu nih.. apasih.. keuntungan buat kita belajar menulis, nah ini dia beberapa keuntunganya :

  • Pengetahuan bertambah
Gimana kita gak tambah pinter coba, kalau kita belajar menulis, otomatis kita bakal butuh banyak refrensi untuk bahan tulisan kita, refrensi itu datengnya bisa dari berbagai sumber, bisa dari buku yang kita baca, artikel yang kita baca, dari acara-acara talk shaw, seminar, treining, yang kita dengar maupun lihat, bisa di radio atau tv, dari vidio-vidio tutorial atau vidio-vidio inspirasi di youtube yang kita lihat, dengan demikian kita akan lebih sering membaca, bahkan yang tadinya tidak suka baca, seperti saya ini, karena menulis berubah jadi seneng baca, dan dari keinginan saya menguasai suatu hal, selain mendapatkan refrensi, saya juga jadi bisa mengoprasikan beberapa sofwere ternama, seperti autocad, potoshope, powerpoint dll, semua berawal dari keinginan saya menulis.
  • Kepribadian jadi lebih baik
Orang yang banyak ilmu, akan mengerti banyak hal, mengerti mana yang baik untuk dirinya, nah karena menulis itu membuat pengetahuan kita bertambah, hal itu juga akan berimbas pada kepribadian kita, yang tadinya penampilan urak-urakan, tata bahasanya kurang sopan, tingkahnya kurang sopan, semua akan berubah jadi lebih baik dengan sendirinya secara berkala, tiap kita membaca, mendengar, dan melihat sesuatu yang bermanfaat, otak kanan kita akan merespon, dan tanpa kita sadari psikologis kita tergerak, mungkin kalian akan mengingat hal-hal buruk, hal-hal memalukan yang pernah kalian lakukan di masa lalu, hal-hal yang dulu kalin gak pernah sadari kalau itu merupakan hal memalukan yang pernah kalian lakukan, yaps.. dan di titik itu kalaian akan janji pada diri kalian sendiri untuk tidak melakukanya, tidak percaya!! silahkan coba. 

Oke, kita flash back ke pokok pembahasan uta kita yaitu cara menulis cerpen dan artikel di bayar rupih.
Untuk artikel berupa opini, tips, dan lain sebagainya, intinya artikel yang bermanfaat, kamu bisa coba kirimkan tulisan kamu ke media cetak, dan untuk cerpen puisi prolog dan sejenisnya kamu bisa mengirimkanya ke majalah-majalah remaja yang betema konten yang saya sebut tadi.
Cara ngirimnya gimana mas?, nanti saya bahas di bawah, sebelumnya saya mau kasih tips dulu nih, sebelum kamu mulai nulis dan ngirim hasil tulisan kamu.

Yang pertama, tentukan dulu media cetaak mana yang jadi sasaran tembak kamu, setelah itu kamu coba baca artikel atau opini-opini, bisa juga cerpen, puisi dan sejenisnya yang di muat di media tersebut, dari situ kamu bakal tau tipe dan model tulisan seperti apasih.. yang sering di muat disitu.

Nah setelah selesai riset, mulailah cari inspirasi, selanjutnya bisa di tuangkan dalam tulisan. Buat tulisan dengan ciri khas kamu sendiri, jangan niru orang lain, apa lagi copas, itu adalah bentuk jati diri kamu sebagai penulis.

Cara mengirim tulisan ke media cetak

Setelah selesai melakukan riset, menentukan tema, dan sekalian tulisanya, sekarang tiba waktunya buat kamu coba ngirim tulisan kamu ke media cetak, tulisan bisa berupa format word, jangan lupa koreksi dulu sampai benar-benar yakin. Setelah dirasa tidak ada kesalahan, baru siap buat di kirim.
Untuk mengirim tulisan bisa melalui email, lalu lampirkan file yang kamu tulis tadi, gunakan bahasa yang santun namun terkesan profesional sebagai kata pengantar file kamu di email. Cantumkan nomer hp yang bisa di hubungi, untuk no rekening jangan dulu, nanti kalau karya kamu di publish kamu bakal dapet pemberitahuan dari penerbit, bisa melalui email, atau sms.

Daftar media yang menerima artikel
Untuk tulisan berbentuk cerpen

Sumut pos
redaksi@hariansumutpos.com 
Honor cerpen yang di publish disini kisaran 100.000, kamu bisa konfirmasi pembayaran melalui email.

Riau pos
Budaya_ripos@yahoo.com
honor cerpen kisaran 150.000 

Jurnal cerpen indonesia
Jurnalcerpen@yahoo.com
honor cerpen kisaran 250.000

Majalah kartini
Redaksi_kartini@yahoo.com
honor cerpen lumayan tinggi, kisaran 400.000

Majalah story
merupakan salah satu majalah dengan tema remaja, yang berisi kumpulan cerpen karya-karya anak indonesia, puisi, dan prolog.
Story_magazine@yahoo.com
honor cerpen 250.000

Diatas adalah daftar bebrapa media cetak yang menerima tulisan berupa cerpen. Ubtuk pembayaran, biasanya redaksi akan menghubungi kamu via telphon, email atau sms meminta nomor rekening.

Untuk artikel berupa opini, kamu bisa kirimkan ke media cetak yang lebih spesifik memuat berita tentang kejadian-kejadian, peristiwa, maupun perkembangan politik atau olahraga, seperti kompas,suara rakyat dan lain sebagainya, untuk daftar email saya mohon maaf karena belum sempat melakukan riset, jadi tidak saya sertakan disini. kamu bisa cari di google daftar email dari admin media cetak tersebut yang menerima opini artikel, banyak yang udah shere disitu.

Tips agar artikel di publis oleh redaksi
Buat opini yang fress, dengan naskah orisinil atau baru, tentukan tema yang sedang booming, untuk idenya kamu bisa liat berita, apa-apa saja yang sedang ramai di perbincangkan publik, kamu bisa riset juga dari internet untuk bahan, kemudian racik dengan bahasamu dan buat semenarik mungkin. Jangan lupa sertakan kesimpulan atas opini kamu dan berikan solusi atas persoalan tersebut. 

Selamat mencoba, semoga apa yang saya bagikan bermanfaat.



 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Popular Posts